Senin, 03 Oktober 2016

BERGURU DI BPSDM KEMENKUMHAM: ADA APA DI BPSDM??



Gak terasa sudah kurang lebih 5 minggu saya berguru ilmu kanuragan di padepokan ini. Orang-orang menyebutnya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Hukum dan HAM atau biasa disebut BPSDM Kemenkumham. Namun saya lebih suka menyebutnya Padepokan Pengayoman. Biar kayak pilem-pilem Wiro Sableng atau Angling Dharma yang kalo manggil orang gak di kenal dengan sebutan Ki Sanak hehehe..

 

Saya sendiri gak nyangka bisa jadi murid di padepokan ini. Semuanya memang berjalan begitu saja. Tidak ada angin dan hujan, apalagi badai, ujug-ujug saya diperintahkan sama pimpinan kantor untuk berangkat ke barat mencari kitab suci berguru ilmu kanuragan di padepokan ini. Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung mengiyakan perintah eh tawaran ini. Selain karena berhubungan erat dengan peningkatan statusisasi masa depan saya di dunia kantor, saya memang sedang butuh menjauh dari segala hal-hal yang bersifat keduniawian. Berisi adalah kosong. Kosong adalah berisi.

Dari hasil konsultasi dengan Sang Hyang Mpu Nya Aca Ra, saya dijadwalkan berguru ilmu kanuragan selama 75 hari dengan sistem asrama. 

Saya shock. 

Saya mungkin bisa meninggalkan kantor selama 75 hari. Tapi kalo rumah dan isinya (termasuk pasangan dan anak)?? 

Paling lama ninggalin mereka pun kayaknya cuma seminggu. Lebih dari itu, biasanya saya ikhlas....kan istri ke anak ke rumah orang tua. Bukan apa-apa sih tapi jaga-jaga kalo ada apa-apa kan.  Tapi namanya menyukseskan refreshing tugas negara, kita harus mampu beradaptasi dengan segala macam kondisi bukan?? Dan terbukti, sampai masuk minggu kelima, saya masih dalam kondisi baik-baik saja. Kemampuan beradaptasi saya termasuk juga keluarga ternyata luar biasa hehehe...

Cari informasi sebanyak-banyaknya adalah hal yang pertama kali saya lakukan setelah dapat jadwal bergurunya turun. Yang pertama saya lakukan adalah googling hehe.. Semua ada di internet kan??

Eniwei, sebagai informasi tambahan saja. BPSDM Kemenkumham berada di sekitar Gandul, Cinere, Depok. Tinggal di googling aja untuk alamat lengkapnya. Nah, disini lingkup pendidikannya ada dua. Semi militeris dan sipilis (ini maksudnya bersifat sipil..bukan nama penyakit yaa). Semi militer ini biasanya hanya untuk taruna akademi. Disini ada dua akademi yaitu akademi ilmu permasyarakatan dan akademi imigrasi. Dan semua akademi ini menggunakan konsep semi militer yang artinya akan ada apel pagi-malam, baris berbaris, dan semacamnya.

Sedangkan sipilis disini berlaku untuk pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh umum. Kegiatannya secara umum berupa ikut upacara, olahraga bareng dan kelas materi. Yaaa semacam kegiatan belajar mengajar pada umumnya. Setelah ini, yang kita bahas hanya yang sipilis yaa...

Boleh pulang gak?? Aturannya sih semua menginap di asrama tapi karena sifatnya yang sipilis, jadi ya panitia maklum-maklum saja kalo ada peserta yang pulang-pergi. Apalagi kalo pesertanya berstatus emak-emak-yang-masih-punya-anak-kecil. Wah, tipikal emak2 kayak gini bakal gak bisa dilawan. Panitia aja bisa tidak berkutik dibuatnya. 

Yang paling penting adalah batas maksimal absen di jam pelajaran tidak terlewati. Kebetulan di diklat yang saya ikuti batas absennya adalah 5% dari seluruh jam pelajaran. Kalo itungan kira2, enam SKS kita ndak ikut = gak lulus. 

BPSDM Kemenkumham ini juga sangat representatif banget buat belajar. Asri banget lingkungannya. Jadi emang cucok bingits buat belajar sambil ngecengin calon taruni (taruna wanita).

Nah, sekarang kita ngomongin asramanya. 

Asramanya layak kok. Standar minimal asramanya adalah kamar mandi dalam, AC, meja dan kursi belajar, dan tempat tidur. Satu kamar tidur sendiri berisi maksimal 3 orang.  Jadi yaa..not bad laaahh... 

Saya dan teman-teman seangkatan kebagian untuk meniduri Asrama Latihan 1 atau biasa disebut AL 1. Di lingkungan BPSDM Kemenkumham, AL 1 dikenal horor bingits. Dan emmmaanngg... Saya beberapa kali “digoda” sama Tim Horornya. Sering ada suara benda jatuh di kamar mandi tapi pas dicek tidak ada yang jatuh. Lalu barang yang ujug-ujug jatuh padahal tidak ada angin atau hujan. Meski demikian, ternyata godaan yang saya terima tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang rekan seangkatan saya rasakan. Beberapa rekan bahkan sempet merasakan suara dari dalam lemari baju atau suara langkah kaki berlari padahal tidak ada orang yang lewat. Udah kayak The Conjuring... Tapi tidak seserem pilem itu kok. Buktinya saya dan temen2 seperguruan masih enjoy2 aja menghitung hari.





Fasilitas di BPSDM Kemenkumham terbilang cukup lengkap. Ada kantin, lapangan voli, basket, tenis, bahkan ada gymnasium juga. Di deket BPSDM juga ada minimarket, laundry, klinik kesehatan, dan warung-warung makanan kalo misal bosen sama menu di asrama. Ahhh.. lupa. Di asrama niscaya kita tidak akan kelaparan karena makan tiga kali sehari niscaya selalu tersedia. Tapi namanya selera kan..kalo bosen sama menunya, langsung cabut keluar hehehe..
Kalo misal suntuk, agak jauh dari sini ada ribuan mall bertebaran. Tinggal order ojek online, langsung berangkat ngemall deh.

Udah ah..itu aja dulu..

Udah diajak ngopi-ngopi cantik nih....

 Nanti kita lanjut lagi ya..



Cheers


Tidak ada komentar:

Posting Komentar